Kunjungi Iklan1



PENGERTIAN MANAJEMEN :: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya [LENGKAP]











Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Ekonomi Manajemen

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsi Manajemen merupakan bahasan kedua dari blog Ekoonomi.com ini. Ilmu Manajemen merupakan ilmu yang menurut admin Ekoonomi sangat diperlukan dalam mengelola kehidupan ekonomi baik secara individu maupun dalam skala suatu bangsa. Seperti telah admin jelaskan pada artikel pengertian ekonomi pada tulisan sebelumnya.

Pengertian Manajemen


Pengertian manajemen menurut Mary Parker Follet berarti sebuah seni atau kemampuan seseorang atau kelompok dalam mengelola, mengatur dan menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain atau pendelegasian tugas untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi.

Dalam buku Bussiness edisi ke 8 oleh Ricky W. Griffin, menyebutkan bahwa Definisi Manajemen adalah sebuah proses planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), coordinating (pengkoordinasian), dan controlling (pengkontrolan) semua sumber daya yang ada dan yang dimiliki dalam usaha mencapai tujuan bersama agar lebih efektif serta efisien. Dengan perencanaan yang matang dan terukur proses pencapaian tujuan akan sangat efektif. Begitu pula jika semua tugas dikerjakan secara benar, terogranisasi dengan baik dan sesuai dengan jadwal waktu yang telah direncanakan dan ditetapkan maka pekerjaan menjadi sangat efisien dalam mencapai tujuan.

Namun menurut Stephen Robbins dan Mary Coulter dalam bukunya berjudul Management, edisi ke 8, Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan pasti serta diterima secara menyeluruh.

Asal Kata Manajemen


Pada buku Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan, oleh Husaini Usman halaman 3 menjelaskan definisi manajemen sesuai asal katanya. Secara etimologi kata Manajemen berasal dari bahasa latin, yaitu kata manus dan agree yang berarti melakukan. Kata-kata itu digabung menjadi kata kerja managere yang artinya menangani. 

Managere diterjemahkan dalam bahasa inggris dalam bentuk kata kerja to manage, dengan kata benda dengan management, dan manager untuk orang yang melakukan kegiatan Manajemen. Akhirnya Manajemen diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Manajemen atau pengelolaan.

Manajemen berasal dari bahasa inggris “management” yang berarti ketata laksanaan, tata pimpinan, dan pengelolaan. Dari sini dapat diketahui bahwa Manajemen secara bahasa adalah proses atau usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan kata Manajemen ditinjau dari segi  terminology, para ahli dalam mengartikannya berbeda pendapat sesuai dengan latar belakang dan sudut pandang mereka masing-masing. 

Kata Manajemen juga berasal dari bahasa Perancis “ménagement” yang berarti seni melaksanakan dan mengatur.

Kata Manajemen juga berasal dari bahasa Italia “maneggiare” yang berarti seni mengendalikan dimana dalam konteks mengendalikan disini adalah mengendalikan kuda.

Pengertian Manajemen menurut Drs. Malayu S.P Hasibuan

Menurut Drs. Malayu S.P Hasibuan dalam bukunya Manajemen Dasar, Pengetian, Dan Masalah halaman 3, mendefinisikan Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
 

Definisi Manajemen menurut G.R. Terry

Sedangkan menurut G.R. Terry dalam bukunya “Principel Management”  mendefinisikan Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, mengerakkan dan mengendalikan, yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. (diambil dari buku Ibid karya Malayu S.P Hasibuan halaman 3)


Arti Manajemen menurut Ordway Tead

Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT“ Manajemen adalah “Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan”.


Pengertian Manajemen menurut Prof. Oie Liang Lee

Menurut Prof. Oie Liang Lee, “Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.


Pengertian Manajemen menurut The Liang Gie

Menurut The Liang Gie, 1982, ”Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

Pengertian Manajemen menurut Dr. Sp. Siagian

Menurut Dr. Sp. Siagian dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI” Manajemen dapat di definisikan sebagai : “Kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain".

Sumber rujukan tulisan :
http://digilib.uinsby.ac.id/11143/5/bab%202.pdf

http://digilib.uinsby.ac.id/9393/5/bab%202.pdf