Kunjungi Iklan1



PENGERTIAN SOSIOLOGI : 15 Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli











Pengertian Sosiologi adalah studi ilmiah tentang kehidupan masyarakat dan semua aspek kehidupan manusia yang diambil dari "kehidupan di dalam masyarakat" tersebut. Apa pengertian Sosiologi, Definisi Sosiologi, apa arti Sosiologi itu? akan kami bahas lengkap pada artikel ini.

Pengertian SOSIOLOGI

Pengertian sosiologi secara umum adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia di dalam masyarakat.

Arti Sosiologi adalah ilmu yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat atau ilmu yang mempelajari manusia dan masyarakat. Kata lain dari ilmu sosiologi adalah ilmu masyarakat.

Secara etimologis, kata sosiologi berasal dari kata bahasa Latin yaitu :
Socius yang artinya Kawan
Logos yang berarti Ilmu Pengetahuan
oleh August Comte (1798-1857), pertama kali dipublikasikan dalam bukunya berjudul Cours De Philosophie Positive.
Pengertian masyarakat adalah sekelompok individu/ manusia yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama dan memiliki budaya bersama.

Ilmu sosiologi bertujuan mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat serta perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya itu sendiri.

Ilmu sosiologi ini mengikuti perkembangan jamannya, merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang disusun dari hasil pemikiran-pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis oleh masyarakat yang lain.

Cakupan dari ilmu sosiologi meliputi:
  1. Keluarga
  2. Suku Bangsa
  3. Negara
  4. Organisasi politik
  5. Organisasi ekonomi
  6. Organisasi sosial
Baca juga artikel sebelumnya ;


PENGERTIAN SOSIOLOGI Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Untuk melengkapi penjelasan mengenai pengertian sosiologi, akan kami sajikan beberapa pengertian dari beberapa ahli. Berikut penjelasan kami:

1. Menurut WR. Ogbum dan M.F. Nimkoff

Dijelaskan dalam bukunya: A Handbook of Sociology, pengertian sosiologi menurut mereka adalah sebagai sebagai berikut; Sociology is the scientific of social life yang artinya Sosiologi adalah studi secara ilmiah terhadap kehidupan sosial.

2. Menurut George A. Lunberg, dkk

Dalam buku mereka, “Sociology”,
Sociology is the social behavior of individual and group
artinya Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku sosial dari pada orang-orang atau kelompok.

3. Ginsberg

Menurut Ginsberg dalam bukunya, The Study of Society, menjelaskan :
Sociology is the study of society
artinya Sosiologi adalah studi terhadap masyarakat yaitu mempelajari antar aksi dan antar relasi manusia serta syarat dan akibatnya.

4. Menurut Max Weber

Sosiologi ialah suatu ilmu yang mencoba untuk memahami dan merangkum suatu tindakan sosial beserta
sebab akibatnya.

5. Menurut Cuber

Dalam bukunya "Sociology, A Synopsi of Principles" memberikan batasan, Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang hubungan timbal balik antara manusia.

6. Menurut Bierensdehan

Bierensdehan menjelaskan pengertian sosiologi dalam bukunya "Sociology, Ontwikkelingen Methode" memberi batasan: “Sosiologi adalah ilmu tentang pergaulan hidup”.

7. Menurut Sorokin

Sorokin menjelaskan definisi sosio logi dalam bukunya, Culture and Personality sebagai berikut:
Sosiologi mempelajari gejala-gejala sosial kebudayaan dari sudut umum, mempelajari sifat esensial gejala tersebut, serta hubungan antara gejala ituyang amat banyak.

8. Menurut Dr. P.J. Bouman

Sosiologi adalah ilmu tentang kehidupan manusia dalam lingkungan kelompok.


9. Menurut Queen & Repke

Mereka mengungkapkan pada bukunya Living in the Social World dimana: Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari kehidupan kelompok (social is a study of group life).

10. Menurut Prof. Groenman

Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tindakan-tindakan manusia dalam usaha menyesuaikan diri dalam suatu ikatan. Penyesuaian ini meliputi:
1. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan geografi
2. Menyesuaikan diri pada sesama manusia
3. Menyesuaikan diri dengan kebudayaan sekelilingnya.

11. Menurut Ibnu Chaldun

Ibu Chaldun juga menjelaskan apa itu sosiologi. Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat
manusia dalam bentuknya yang bermacam-macam, watak dan ciri-ciri terhadap trap-trap bentuk ini dan hukum-hukum yang menguasai perkembangannya.

12. Menurut Prof. M.M. Djojodiguna, SH.

Beliau mendefinisikan Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang bersasaran hidup bermasyarakat, artinya yang diselidiki selaku bendanya ialah hidup bermasyarakat.

13. Menurut Spencer

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tumbuh bangun dan kewajiban-kewajiban masyarakat.

14. Menurut Roucek and Warren

Didalam bukunya, Sociology, an Introduction. Mereka menjelaskan pengertian Sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompok.

15. Menurut Prof. Dr. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, SH.,

dalam bukunya “Setangkai Bungan Sosiologi”. Sosiologi (ilmu masyarakat), ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan-perubahan sosial.

Struktur sosial yaitukeseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yakni kaidah-kaidah atau norma-norma sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok dan lapisan-lapisan sosial.
Proses sosial, yaitu pengaruh timbal balik antara pelbagai segi kehidupan politik, segi kehidupan hukum dengan segi kehidupan agama, segi kehidupan agama dengan segi kehidupan ekonomi dan sebagainya.

Demikian 15 pengertian sosiologi menurut para ahli, semoga dapat membantu rekan-rekan yang mencari materi sosiologi atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.