Kunjungi Iklan1



Pengertian Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)











Pengertian Manajemen SDM - Sebagai seorang wirausaha atau staf kepegawaian dalam sebuah perusahaan, salah satu aspek yang menjadi perhatian penting adalah tentang Manajemen SDM (sumber daya manusia) atau MSDM. Apa pengertian MSDM, fungsi msdm, dan lain-lain akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Manajemen perusahaan yang selalu memperhatikan manajemen sdm dengan baik akan berpengaruh sangat positif bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik dilihat dari segi material maupun nonmaterial.

Pengertian Manajemen SDM Sumber Daya Manusia


Pengertian Manajemen SDM


Kami akan memulai penjelasan dengan berbagi pengertian msdm menurut para ahli di bidangnya dimana bisa dijadikan rujukan dalam penulisan karya ilmiah berkaitan dengan judul skripsi manajemen sdm. Kami mulai dengan pengertian sumber daya manusia.

Pengertian Sumber Daya Manusia dari segi bisnis yaitu seseorang atau kelompok orang yang bekerja dalam sebuah organisasi / perusahaan dimana mereka bisa disebut karyawan. Perusahaan yang baik tentu akan menganggap SDM merupakan asset yang paling berharga dalam sebuah perusahaan, tanpa manusia (sdm) tersebut maka perusahaan tidak akan menghasilkan profit atau value added untuk perusahaan itu sendiri.

Manajemen SDM sendiri muncul dari konsep dasar bahwa setiap karyawan itu adalah manusia dia bukanlah mesin ataupun hanya sekedar menjadi sumber daya bisnis. MSDM ini berkaitan dengan kebijakan-kebijakan, praktik-praktik yang perlu dan harus dilaksanakan oleh setiap manajer mengenai aspek-aspek SDM dari Manajemen Kerja.

Baca Juga:

MSDM adalah bagian dari ilmu manajemen yang artinya suatu usaha dalam mengarahkan serta mengelola sumber daya manusia dalam sebuah organisasi atau perusahaan agar mampu berpikir serta bertindak sesuai yang diharapkan dalam visi misi perusahaan. Organisasi / perusahaan yang maju tidak lepas dari kemampuan personil/pegawai yang dapat mengelola organisasi tersebut ke arah kemajuan yang diharapkan. Begitu juga sebaliknya juga tidak sedikit organisasi / perusahan yang gagal berkembang dikarenakan ketidakmampuan manajemen dalam mengelola sumber daya manusia.

Manajemen sumber daya manusia ini adalah sebuah bentuk pengakuan tinggi akan pentingnya anggota organisasi (personel) sebagai sumber daya yang dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi, pelaksanaan fungsi dan kegiatan-kegiatan organisasi untuk menjamin bahwa mereka dipergunakan secara efektif dan adil demi kepentingan organisasi, individu, dan masyarakat.

Pengertian Manajemen SDM Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen SDM Menurut Hasibuan (2001 :10) 

Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah ilmu dan seni dalam mengatur hubungan serta peranan tenaga kerja agar dapat bekerja efektif dan efisien, untuk dapat membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat pada umumnya.

Definisi Manajemen SDM Menurut Simamora (2004 : 4) 

Manajemen sumber daya manusia adalah Mendayadunakan, mengembangkan, menilai, pemberian balas jasa, serta pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok karyawan, juga berkaitan dengan desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karir, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.



Arti Manajemen SDM Menurut Mondy (2008)

MSDM adalah pemafaatan para individu untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

Definisi Manajemen SDM Menurut Edwin Flippo dalam Handoko (2001 : 3)

Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi dan masyarakat.

Pengertian Manajemen SDM Menurut Soekidjo Notoatmadjo (2009 : 85)

Manajemen SDM adalah suatu pengakuan terhadap pentingnya sumber daya manusia atau tenaga kerja dalam organisasi, dan pemanfaatannya dalam berbagai fungsi dan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian MSDM menurut Mathi dan Jackson dalam Subekhi (2012: 18)

MSDM adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi / perusahaan.

Pengertian Manajemen SDM menurut Anwar Prabu Mangkunegara dalam Subekhi (2012: 21)

MSDM adalah perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Arti Manajemen SDM menurut Dessler (2003, p2)

Pengertian Manajemen SDM adalah kebijakan-kebijakan dan praktik yang dibutuhkan seseorang untuk melaksanakan aspek personil atau orang-orang dari pekerjaan manajemennya, termasuk perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengimbalan, dan penilaian. Manajemen sumber daya manusia meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengembangan dan pemanfaatan sumber daya manusia yang efektif untuk tercapainya berbagai tujuan individu, organisasi, masyarakat, nasional dan internasional.

Arti Manajemen SDM menurut M.Fuad (2005,   p109)

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses menganalisis dan mengelola kebutuhan organisasi terhadap sumber daya manusia, sehingga dapat menjamin tercapainya sasaran strategis perusahaan.

Pengertian Manajemen SDM menurut Handoko (2001:4):

“Manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan,pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.”

Pengertian SDM menurut Schuler & Jackson (2006)

SDM adalah aset yang harus dikelola secara cermat dan sejalan dengan kebutuhan organisasi.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Werther & Davis (1996)

Tujuan manajemen sumber daya manusia adalah meningkatkan kontribusi produktif para karyawan bagi organisasi secara stratejik, etis, dan bertanggung jawab sosial.


Istilah dalam Manajemen SDM

  • Manajemen sumber daya manusia (MSDM), 
  • Manajemen sumber daya insani,
  • Manajemen personalia,
  • Manajemen kepegawaiaan,
  • Manajemen perburuhan,
  • Manajemen tenaga kerja, 
  • Administrasi personalia (kepegawaian), dan 
  • Hubungan industrial. 
 Demikian Penjelasan Pengertian Manajemen SDM Sumber Daya Manusia, Semoga memberikan manfaat.